Info Keselamatan

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Pepatah ini harus selalu diingat oleh semua mahasiswa/i Indonesia yang saat ini melakukan studi di Tiongkok. Tiongkok pastinya punya kebudayaan, adat-istiadat, kebiasaan, norma, perilaku yang berbeda apabila dibandingkan dengan Indonesia. Oleh karena itu, pada kolom ini, akan diinformasikan mengenai apa saja yang harus menjadi perhatian utama bagi calon mahasiswa/i baru Indonesia di Tiongkok.

  1. Selalu ingat dan perhatian akan keberadaan PASPOR Anda. Paspor merupakan identitas kita di luar negeri, selalu bawalah paspor (atau fotokopinya) ke manapun Anda pergi dan jagalah paspor supaya tidak hilang.

  2. Perhatikan baik-baik masa berlaku VISA (residence permit, visa turis, visa pelajar, visa kerja, dll). Apabila akan habis masa berlakunya, harap segera mengurusnya di international office universitas Anda. Apabila visa Anda habis masa berlakunya, dipastikan Anda akan dikenakan denda yang cukup besar setiap harinya.

  3. Selalu berikan perhatian lebih terhadap segala informasi terbaru mengenai Tiongkok (iklim, politik, isu keamanan, dll) dari media ataupun dari PPI Tiongkok. Patuhi semua norma dan batasan yang ada Tiongkok, terutama mengenai agama. Taati semua himbauan yang dikeluarkan oleh pihak KBRI dan KJRI setempat.

  4. Jauhkan pribadi Anda dari kriminalitas (tindakan pemerasan, perampokan, penipuan, pornografi, dll) yang dapat merugikan nama baik Anda sendiri dan negara Anda.

  5. Jaga barang Anda baik-baik. Pencopet dengan berbagai macam cara dapat Anda temui di manapun, sekolah, pasar, transportasi umum, hingga restoran.

  6. Berteman dan tetap selektif dengan orang asing. Jangan mudah percaya dan terhasut dengan ajakan orang asing yang baru Anda kenal. Ada banyak tipe orang asing di luar sana dan modus yang mereka gunakan bervariasi.

  7. Hindari makan makanan yang dijual di pinggiran jalan, karena makanan yang dijual di kaki lima, walaupun lebih nikmat, umumnya jauh dari kata sehat dan berkualitas.

  8. Liburan merupakan hal yang disukai dan hal yang dibenci, karena saat masa puncak liburan, kawasan wisata dan transportasi masal akan dipenuhi oleh lautan orang. Atur jadwal perjalanan dan wisata Anda jauh-jauh hari. Kereta api merupakan transportasi paling banyak digunakan oleh warga Tiongkok untuk bepergian atau pulang kampung. Tiket kereta api akan paling cepat habis dipesan ketika masa liburan tiba.

  9. 淘宝网 (Táobǎo Wǎng), merupakan pusat belanja online terbesar dan terlengkap di Tiongkok. Berbagai macam produk dijual dan nyaris lengkap sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun tidak semua penjual jujur seperti yang Anda bayangkan, belajarlah bagaimana belanja secara cermat, aman, dan bijak pada senior-senior di kampus Anda.

  10. Tindakan preventif terhadap musim dingin dan musim panas:

 

Musim dingin:

  • Gunakan alas kaki tertutup, karena jika kaki Anda tidak tahan terhadap cuaca dingin, kulit kaki akan berubah menjadi sangat gatal yang lama kelamaan berubah menjadi bengkak, perih, dan kemerahan. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu aktivitas Anda.

  • Belilah 1 set 保暖衣 (bǎo nuǎn yì) aka “longjhons”, dan pakailah 保暖衣 (bǎo nuǎn yì) ini dalam kegiatan Anda sehari-hari. Pakaian ini terdapat variasi macam produknya mulai dari yang tipis, tebal, sampai yang berbulu sintetis di dalamnya. Pakaian ini akan menjaga kehangatan tubuh di kala musim dingin, sehingga suhu hangat tubuh tidak tertukar dengan suhu dingin.

  • Gunakan lotion untuk melembabkan kulit tubuh, karena kulit tubuh menjadi sangat kering dan gatal-gatal ketika musim dingin tiba.

  • Gunakan masker dan syal apabila Anda memiliki masalah sensitive terhadap pernafasan.

  • Anda dapat membeli 电热毯 (diàn rè tǎn) menghangatkan kasur Anda pada saat musim dingin, memang alat ini beresiko apabila Anda tidak bijak menggunakannya. Nyalakan alat ini 1 jam sebelum Anda pergi tidur, dan cabutlah ketika Anda tidur.

  • Anda juga dapat membeli 暖包 (nuǎn bāo) atau bantal hangat untuk menghangatkan tangan Anda yang membeku karena suhu dingin.

  • Juga terdapat koyo hangat yang disebut 暖宝宝 (nuǎn bǎo bǎo), namun koyo ini tidak boleh direkatkan langsung ke tubuh pengguna, namun harus menggunakan media baju, celana, kaos kaki sebagai tempat merekatkannya.

  • Hindari makanan pedas yang mengandung banyak cabe atau 麻辣 (má là), banyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan.

  • Jangan malu atau gengsi untuk menggunakan pakaian/jaket yang lebih tebal daripada orang lainnya, karena daya tahan tubuh tiap orang berbeda-beda.

  • Banyak konsumsi air karena pada beberapa kasus, akibat kurangnya air di dalam tubuh kita mengakibatkan tegangan listrik di tubuh meningkat. Anda pasti akan sering merasakan aliran listrik/kesetrum ketika sedang menumpang bus umum di saat musim dingin.

  • Tetaplah berolahraga untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh.

 

Musim panas:

  • Banyak konsumsi air putih atau teh, karena suhu panas di Tiongkok terkadang sangat ekstrim, di beberapa wilayah dapat mencapai suhu 40 derajat ke atas.

  • Banyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, selada air, dan lain-lain.

  • Hindari tempat-tempat terik yang tak terlindung dari sinar matahari, karena akan mempercepat proses dehidrasi tubuh Anda.