Welcome Party 2015 (You Are More Than Welcome)
Archive : 2013 2015

HIMIGNU-PPI Tiongkok Cabang Guilin sangat antusias menyambut mahasiswa baru tahun ajaran 2015/2016 dengan menyelenggarakan acara Welcome Party yang bertemakan “You Are More Than Welcome”. Acara ini diadakan selama dua hari berturut-turut pada Hari Sabtu dan Minggu (12-13 September 2015), dimana acara ini merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Indonesia Guangxi Normal University (HIMIGNU) setiap tahunnya dalam rangka menyambut mahasiswa Indonesia tahun ajaran baru.

Di hari pertama, acara yang diselenggarakan di Ruang Auditorium 215 Gedung Pusat Pendidikan Internasional ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru Indonesia tahun ajaran 2015/2016. Dalam acara ini tidak hanya mahasiswa Indonesia baru dari kampus GXNU saja yang ikut berpartisipasi, namun juga dari beberapa kampus lain di Kota Guilin. Dalam hari pertama ini para mahasiswa baru diajak untuk berkenalan dengan kampus GXNU dengan menampilkan video kampus yang dibuat oleh HIMIGNU, pengenalan beberapa dosen dengan menampilkan foto setiap dosen berikut dengan tugasnya masing-masing, dan tidak lupa juga untuk mengisi formulir data diri mahasiswa baru serta pengisian lapor diri WNI via online.

Hari kedua acara Welcome Party ini adalah hari dimana kita akan seru-seruan bersama dengan mahasiswa baru dan juga mahasiswa lama di GXNU. Sama dengan hari sebelumnya, tidak hanya mahasiswa Indonesia baru di kampus GXNU saja yang berpartisipasi, dari beberapa kampus lain pun turut serta berpartisipasi dalam acara ini. Acara hari kedua ini dilaksanakan dalam dua sesi, yaitu pagi hari dan sore hari. Sesi Acara pagi yaitu bermain games, dimana setiap kelompok sudah diberi beberapa petunjuk untuk setiap pos yang nantinya harus dikunjungi, pos-pos tersebut merupakan tempat-tempat dimana mahasiswa asing biasa berkunjung sehari-harinya. Setiap kelompok yang mengunjungi pos diwajibkan untuk menunjukkan yel-yel perkusi yang sudah dibuat oleh masing- masing kelompok sebelumnya. Setelah itu setiap pos menyajikan berbagai games yang seru sesuai jenisnya masing-masing, seperti kerjasama, ilmu pengetahuan, dan strategi. Penilaian dilakukan dengan mengacu kepada kecepatan menyelesaikan setiap games dan kekompakan dari setiap kelompok. Setelah selesai acara pagi, acara penutupan Welcome Party yang diadakan di sore hari pun tiba. Panitia menyajikan beberapa acara mulai dari penampilan dari band yang terdiri dari beberapa mahasiswa Indonesia, pengenalan HIMIGNU berikut anggota HIMIGNU periode 2015-2016, program kerja HIMIGNU 2015-2016, pemutaran teaser MKI,  dan yang terakhir adalah pemberian penghargaan untuk setiap tim yang telah ikut berpartisipasi pada pagi harinya.

Dengan acara non-formal seperti ini kita dapat saling mengenal lebih dekat dan saling menumbuhkan rasa kekeluargaan. Berbagai rangkaian acara disajikan untuk menumbuhkan kedekatan diantara seluruh mahasiswa Indonesia yang tidak hanya di Guangxi Normal University, namun juga dengan kampus-kampus lain yang terdapat mahasiswa Indonesianya. Terdapat pepatah “Tak kenal maka tak sayang”, jadi apa salahnya kita untuk saling mengenal satu sama lain lebih dekat lagi. Walaupun keluarga yang kita sayangi tinggal nan jauh di sana, namun kalian masih bisa merasakan kehangatan bersama keluarga disini bersama Kami. Welcome to our family my dearest friends!


Penulis: Anisa Moniq Febriani          Editor: Erwin Yuniarto