Seminar "Indonesia Satu"
Archive : 2014 2015

“Indonesia Satu” begitulah judul seminar yang diangkat oleh Divisi Pendidikan Himignu. Di depan sekitar 100 orang mahasiswa Indonesia di Guilin, Ibu Ratu Silvy Gayatri sebagai Konsul Jendral Republik Indonesia Guangzhou memberikan motivasi tentang Character Building dan Success Life pada Minggu, 29 Maret 2015.

Acara dibuka oleh penampilan grup musik Toscaccoustic dengan kolaborasi tiga buah lagu yang menggambarkan semangat untuk meraih kesuksesan. Kemudian acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari David Yoswara selaku ketua acara dan kordinator divisi pendidikan Himignu. David menyebutkan bahwa mahasiswa di Guilin harus tetap bersatu untuk menjaga karakter bangsa yang positif seperti kekeluargaan, gotong royong, saling membantu, dan lain-lain. Agar masyarakat negara lain dapat merasa nyaman untuk bergaul dengan Warga Negara Indonesia. Dengan demikian Negara Indonesia dapat dihargai dalam pergaulan internasional.

Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Iqbal Ramadhan dan Yoan Depari yang bertindak sebagai moderator. Dalam seminar tersebut, Ibu Konjen RI menyatakan bahwa karakter yang baik itu harus dibangun mulai dari lingkungan terkecil seperti diajarkan dalam lingkungan keluarga, lalu diasah dalam institusi pendidikan, ditempa dalam lingkungan pekerjaan, hingga kemudian dimatangkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Dikatakan pula bahwa dalam rangka menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN yang mulai berlaku pada akhir tahun 2015, Ibu Konjen RI juga menyampaikan harapannya agar mahasiswa Indonesia di luar negeri untuk tidak cepat puas dalam berusaha serta nantinya dapat menciptakan peluang dan kesempatan kerja bagi orang lain untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang kompeten serta dapat bersaing di kancah global.

Kemeriahan acara seminar ini ditutup oleh sebuah penampilan dari Cheese Cake Band yang membawakan lagu music pop andalan mereka yang menggugah.


Penulis : David Yoswara          Editor : Erwin Yuniarto