Pelatihan Bahasa Indonesia 2015
no image yet!
Archive : 2013 2014 2015

Pelatihan Bahasa Indonesia aka PBI ini adalah program tahunan HIMIGNU-PPIT Guilin yang sudah diadakan selama empat tahun berturut-turut. Dalam rangka mempromosikan program bebas visa bagi masyarakat Tiongkok yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia pada bulan Juni yang lalu, PBI 2015 yang disponsori oleh KJRI Guangzhou ini dilaksanakan pada tanggal 21 November 2015 di Guangxi Normal University (GXNU) dan mengusung tema “Visit Indonesia”.

PBI 2015 dihadiri oleh kurang lebih 120 peserta dari mancanegara termasuk wakil dekan dan juga para guru serta staff fakultas International Culture and Education GXNU. Acara dibuka dengan performance grup musik tradisional “Dendang Nusantara”, diiringi sambutan dari MC: Filemon dan Yuri, pidato pembukaan oleh wakil dekan GXNU, Ibu Zhao Yanhua, dan juga pidato sambutan dari ketua acara PBI 2015, Keven Alberto Yoesup. Acara dilanjutkan dengan sesi perkenalan tentang Indonesia yang bertajuk “千岛之国" aka “Negeri Seribu Kepulauan” oleh David Charles dan David Yoswara.

Setelah perkenalan tentang Indonesia, MC memperkenalkan para pengajar kepada para peserta: Andre, Janice, dan Bianca sebagai pengajar kelas pemula, Jeannie, Lily, dan Cassandra sebagai pengajar kelas menengah. Para pengajar tersebut merupakan gabungan pelajar Indonesia jurusan Pengajaran Bahasa Mandarin GXNU dan juga jurusan Manajemen Pariwisata GXNU, serta anggota dari HIMIGNU sendiri. Pengajar kemudian membagi peserta menjadi dua grup, kelas dasar dan kelas menengah, sesuai dengan kemampuan bahasa Indonesianya.

Selama pelajaran, mahasiswa Indonesia yang berasal dari GXNU dan Guilin University of Aerospace Technology, hadir dan duduk bersama para peserta untuk membantu jika peserta mengalami kesulitan. Pelatihan dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama dari pukul 10.00 hingga pukul 12.oo, sesi kedua dari pukul 14.30 hingga pukul 18.00. Di akhir sesi kedua, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok diminta untuk naik ke panggung untuk menyanyikan lagu dan juga melakukan percakapan dalam Bahasa Indonesia.

Penghujung acara PBI 2015 ini juga diramaikan dengan penampilan grup musik Poison Snail, dan Akustik Duo Dida dan Galuh yang seluruh personilnya adalah mahasiswa Indonesia yang bersekolah di Guilin. Acara PBI 2015 ditutup dengan pemberian hadiah bagi para peserta yang berprestasi dan juga joget “Goyang Dumang” bersama.


Penulis : Keven Alberto Yoesup          Editor : Erwin Yuniarto