Malam Kebudayaan Indonesia 2015 (Beauty of Jakarta)
Archive : 2014 2015

Setiap tahunnya HIMIGNU-PPI Tiongkok Cabang Guilin selalu menyelenggarakan acara tahunan yaitu Malam Kebudayaan Indonesia (MKI). MKI adalah acara yang dilandaskan atas dasar untuk memperkenalkan keragaman budaya Indonesia kepada masyarakat Internasional dan masyarakat sekitar Guilin.  MKI ini telah diselenggarakan selama 6 tahun berturut-turut dengan sukses. Ini semua berkat dukungan dari berbagai pihak dan antusias penonton untuk memeriahkan acara MKI ini.

Tepat pada Sabtu, 23 Mei 2015 diselenggarakanlah MKI ke-VI.  Tema yang diangkat pada MKI tahun ini adalah Jakarta, dengan judul “Beauty of Jakarta”. Sebagian masyarakat di Guilin dan sekitarnya sudah mengetahui Kota Jakarta, tetapi mereka belum tahu seperti apa Kota Jakarta itu. Oleh karena itu, MKI tahun ini bertujuan untuk lebih mengembangkan sisi tradisional dan modern dari Kota Jakarta.

Acara MKI ini terbagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama adalah acara pagi dimana para tamu yang datang bisa menikmati berbagai pertunjukan-pertunjukan yang diselenggarakan oleh para pengisi acara seperti tarian tradisional, nyanyian, pencak silat, barongsai, serta pertunjukan dari ayi shushu dan mahasiswa asing. Para tamu yang hadir dapat juga mencicipi berbagai makanan dan minuman khas Kota Jakarta dengan gratis. Untuk menutup acara pagi yang telah berlangsung, para tamu yang hadir dapat mengikuti Karnaval Ondel-Ondel bersama para pengisi acara pagi MKI.

Bagian kedua adalah acara puncak dari MKI, yang berlangsung pada malam hari di ruang auditorium yang terlihat lebih megah. Pada acara puncak MKI, menampilkan beberapa pertunjukan dari mahasiswa Indonesia, mahasiswa Tiongkok, dan juga mahasiswa asing. Dimeriahkan oleh pengisi-pengisi acara seperti Tari Topeng, Tari Cokek, dan Drama Musikal “Galih dan Ratna”. Di dalam drama musikal ini terdapat beberapa pertunjukan dari mahasiswa Tiongkok, perkusi, tarian-tarian, dan pertunjukan dari mahasiswa asing yang dikemas menjadi satu. Acara puncak MKI ditutup dengan pertunjukan dari para Diva yang melantunkan sebuah lagu berjudul Mahadaya Cinta. Tidak ketinggalan, panitia pun telah mepersiapkan 2 buah doorprize menarik yang dinanti, yaitu sebuah tiket pesawat Guangzhou-Jakarta-Guangzhou persembahan dari PT. Garuda Indonesia dan juga voucher menonton pertunjukan di Dreamlike Lijiang, Guilin persembahan dari Fenson Travel.

Dengan bangga kami mempersembahkan acara Malam Kebudayaan Indonesia 2015 yang ke-VI, yang diselenggarakan di Guangxi Normal University. Semoga dengan acara yang telah berlangsung, kita sebagai masyarakat Indonesia dapat terus menjaga nama baik Indonesia dan terus memperkenalkan budaya Indonesia di kancah Internasional. 


Penulis : Anisa Moniq Febriyani          Editor : Erwin Yuniarto