Autumn Escape - Trip to Yangshuo
Archive : 2013 2014

21 September 2013, dalam serangkaian dengan penyambutan mahasiswa baru, HIMIGNU mengadakan kegiatan Autumn Escape, yaitu wisata bersama di periode musim gugur. Autumn Escape bertujuan untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan meningkatkan rasa persaudaraan antar mahasiswa Indonesia. Liburan kali ini, kami berangkat menuju 阳朔 (Yang Shuo).  Yang Shuo merupakan salah satu tempat wisata di Guilin yang terkenal dan wajib dikunjungi. Yang Shuo memiliki pemandangan gunung dan sungai yang khas, yang tidak dapat ditemui di tempat lain di Tiongkok sini, bahkan salah satu spot pemandangan di sana menjadi gambar yang dapat Anda lihat di lembaran uang 20 RMB.

Naik sepeda adalah salah satu cara untuk menikmati pemandangan alam di Yang Shuo. Kami menyewa sepeda dengan harga 10 RMB saja (tentunya dengan negosiasi yang alot dan mati-matian), kami semua berkendara mengelilingi kota, melewati padang rumput, hamparan sawah, gunung-gunung di sepanjang jalan, sempat pula kami berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan alam dan sekedar berfoto mengabadikan momen tersebut. Tak terasa 4 jam sudah terlewati, peluh di badan sudah tidak kami rasakan lagi, kebersamaan dan keindahan alam membuat waktu terasa berlalu sangat cepat.

Selain terkenal akan keindahan pemandangan gunung-gunungnya, Yang Shuo juga  dilalui aliran sungai yang indah, Sungai Li. Dengan membayar 17 RMB per orang, kami bersama-sama naik perahu mengarungi sebagian dari sungai Li, kemudian berfoto bersama burung pelikan dan nelayan yang mencari ikan di sepanjang sungai, menikmati keindahan tempat ini membuat kami menahan nafas kagum. Keindahan pemandangan sungai Li ini benar-benar membuat kesan yang mendalam bagi para mahasiswa/i Indonesia, kami pun setuju menganggap Yang Shuo sebagai surga dunia.

Selain pemandangan alam, wisata kuliner adalah yang paling ditunggu-tunggu. kami mencicipi 啤酒鱼(Fish Beer),merupakan makanan khas Yang Shuo yang dapat ditemui di restoran manapun di sepanjang jalan. Sesudah perut kenyang, kami berjalan-jalan santai dan membeli oleh-oleh di West Street. West Street adalah jalanan pusat keramaian di Yangshuo, dipenuhi berbagai toko cenderamata dan restoran yang banyak dikunjungi wisatawan. Beberapa dari kami menghabiskan waktu yang tersisa dengan berjalan-jalan santai, beberapa mencari oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat, beberapa bahkan sempat membuat kaos gambar karikatur diri kita yang langsung dilukis oleh sang penjual saat itu juga. Banyaknya café unik di sepanjang jalan West Street dan lampu-lampu jalan yang indah, merupakan kesan yang sangat berbeda dengan pemandangan alam yang kami nikmati sebelumnya.

Wisata bersama ke Yang Shuo berakhir dan kami pulang ke tempat masing-masing. Hari yang melelahkan, namun meninggalkan banyak kenangan indah dan menambah pengalaman baru di dunia pariwisata.